Selamat datang di www.ahlinyabenjolan.com. Kami akan memberikan informasi mengenai manfaat madu untuk batuk anak yang berdahak maupun batuk kering. Anak batuk memang membuat khawatir. Pengobatan batuk anak jangan dilakukan sembarangan karena anak masih sensitif. Oleh karena ini menfaat madu untuk batuk anak ini sangat baik untuk menyembuhkan dan menghilangkan batuk berdahak atau batuk kering pada anak.

Manfaat madu untuk batuk anak

manfaat madu untuk batuk anak

Anak sangat rentan terhadap penyakit batuk dan pilek. Manfaat madu untuk batuk anak ini bisa mencegah dan menyembuhkan gejala batuk dan pilek sepeti sakit tenggorokan, bersin-bersin, dan lainnya. Madu mengandung anti-bakteri dan anti-oksidan tinggi yang dapat membantu melawan virus dan bakteri penyebab batuk atau pilek.

Madu memang baik diberikan pada anak. Tapi madu tidak dianjurkan untuk anak dibawah usia 1 tahun karena ada beberapa mikroorganisme yang kurang baik untuk bayi. Selain itu, dikhawatirkan akan tersedak dan sistem pencernaan yang belum bisa mencerna madu dengan baik.

Madu yang digunakan untuk mengobati batuk anak harus madu murni karena banyak beredar madu yang sudah dicampur dengan air dan bahan lainnya yang bisa membahayakan. Cara menguji madu murni atau palsu bisa dengan cara campurkan madu dengan sedikit air. Jika madu mudah larut, itu adalah madu palsu karena madu murni sulit larut dalam air.

Manfaat madu untuk batuk anak

Madu memang sangat aman dikonsumsi. Tetapi dosis untuk mengatasi batuk anak harus sesuai umur agar tidak menyebabkan alergi pada anak. baca juga manfaat daun salam untuk nyeri sendi

Dosis madu untuk anak :

  • Anak usia 2 – 5 tahun = ½ sdt
  • Anak usia 6 – 11 tahun = 1 sdt
  • Anak usia > 12 tahun = 2 sdt

Cara mengobati batuk anak menggunakan madu bisa dilakukan dengan cara memberikan madu sesuai dosis sebelum tidur agar anak tidak batuk ketika tidur dan membuat anak tidur nyenyak. Anda juga bisa mencampur madu dengan bahan lainnya yang aman untuk anak diantaranya :

  • Madu dan lemon / jeruk nipis

Lemon mengandung anti-bakteri sehingga cocok untuk membantu anak melawan virus dan bakteri penyebab batuk. Juga dapat mencegah infeksi pada saluran pernafasan anak. baca juga obat maag kronis

  • Madu dan kayu manis

Caranya dengan campurkan madu dengan ¼ sdt kayu manis dan berikan 2 kali sehari sampai gejala batuk hilang.

  • Madu, kunyit dan susu

Anda bisa menambahkan madu sesuai dosis kedalam susu anak dan masukkan sedikit kunyit agar batuk berdahak atau batuk kering anak berkurang. Kunyit mengandung anti-virus dan anti-oksidan yang dapat menyembuhkan batuk anak dan mencegah radang tenggorokan. baca juga manfaat alpukat untuk tulang

Nah, itulah manfaat madu untuk batuk anak yang aman dan ampuh menyembuhkan batuk berdahak atau kering pada anak. Lakukan pengobatan batuk dengan madu sesuai dosis, jangan berlebihan karena bisa mengakibatkan alergi pada anak.

Semoga bermanfaat..

Manfaat madu untuk batuk anak

author : ahlinyabenjolan.com

 

Manfaat Madu untuk Batuk Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *